Apa yang dimaksud dengan Sick Building Syndrome?

Definisi:
Sick building syndrome merupakan istilah yang menjelaskan tentang rentang masalah kesehatan yang dapat disebabkan oleh paparan polusi dalam ruangan (indoor pollution) di rumah, kantor, atau bangunan lain. Sick building syndrome biasanya terkait dengan polutan dalam ruangan, dan dapat disebabkan oleh jamur/cendawan, gas radon, asap atau sejumlah polutan kimia lainnya.

Dalam beberapa kasus, penghuni bangunan mengalami keluhan kesehatan berupa gejala sick building syndrome seperti sakit kepala, mual, demam, pusing, iritasi mata atau kulit, batuk kering atau kelelahan. Gejala-gejala tersebut berkurang atau bahkan hilang sama sekali ketika penghuni tersebut keluar bangunan.

Ventilasi yang buruk, kontaminasi kimia seperti senyawa organik yang mudah menguap dari mesin kantor, karpet dan perabot, dan kontaminan biologis seperti jamur/cendawan, tungau, bakteri dan serbuk bunga merupakan penyebab umum dari sick building syndrome.

Sick building syndrome dapat dikendalikan dengan menghilangkan sumber kontaminasi, memperbaiki ventilasi atau sirkuasi udara, dan menggunakan alat pemurni udara (air purifies) atau teknologi lain.

Post a Comment for "Apa yang dimaksud dengan Sick Building Syndrome?"