Pentingnya sepatu dalam pendakian gunung


Seberapa penting memakai sepatu saat mendaki gunung? Menurut saya itu sama pentingnya dengan pendakian itu sendiri. Tapi mungkin ada diantara agan  ada yang berpendapat tidak terlalu penting jadi mendaki hanya menggunakan sandal gunung, ane kagak menyalahkan, ini hanya pendapat pribadi.

Sedikit sharing, minggu lalu ane bersama teman-teman mendaki gunung Gede dan beberapa dari kami hampir dilarang naik karena tidak menggunakan sepatu. Akhirnya mereka disuruh membuat surat pernyataan bahwa jika di lain kesempatan masih melakukan hal yang sama, mereka tidak diizinkan naik. Parahnya, surat tersebut harus dibubuhi materai. What the...

Bayangin aja, subuh-subuh jam 2 disuruh nyari materai (tapi mungkin di desa  yang agak kebawah dari pos ada). Untungnya, istri ane yang juga ikut ndaki ternyata bawa materai yang sudah menghuni dompetnya sejak 2010. Jadilah surat itu dibubuhi materai.

Nah, disini ane pengen sharing aja, apa manfaat menggunakan sepatu bagi kita saat pendakian gunung.

Melindungi kaki dari medan berat,

Yang satu ini udah pasti gan, mungkin kita belum tahu pasti dengan kondisi jalur pendakian gimana. Apalagi yang udah tahu, pasti lebih wajib lagi. Misalnya jalurnya berbatu cadas, kalau pakai sebatu insyaAllah lebih aman kalau pakai sepatu, jadi kalau ada batu yang tajam tidak akan membuat kaki kita sakit.

Melindungi kaki dari gigitan binatang,

Kaki itu kan dekat dengan tanah, jadi memiliki resiko paling besar terhadap fauna berbahaya yang mendiami tanah. Misalnya ular, kelabang, kalajengking dan sebagainya (ini bukan mendo'a-in ya gan). Kalau pakai sepatu insyaAllah pasti akan lebih terlindung dari hewan-hewan tersebut.

Melindungi kaki dari tanaman berbahaya,

Tanaman berbahaya itu misalnya tanaman yang beracun dan atau berduri. Ane masih ingat dulu ane naik Gunung Cabang di Pulau Karimata (pernah dengar nggak gan? kalau pengen tahu PM aja, hehe #iklan). Disana banyak sekali tanaman berduri, ada rotan, ada terong hutan, dsb. Nah pas masih dikaki gunung, teman ane yang pakai sendal kakinya nyangkut di suatu tanaman. Pas ane lihat, antara jari jempol dan telunjuk kakinya udah berdarah-darah, lukanya kayak tercabik-cabik kecil gitu. Ngilu ane liatnya gan. Kalau pakai sepatu, kejadian kayak gini insyaAllah bisa dihindari.

Melindungi kaki dari dingin dan panas,

Dingin dan panas adalah dua hal yang gak mungkin kita hindari dalam suatu pendakian. Di gunung itu kan panasnya membakar, pas dingin rasanya menusuk. Nah, disini sepatu akan sangat penting untuk melindungi kaki dari sengatan panas dan tusukan dingin.

Mencegah keseleo atau terkilir,

Kalau yang satu ini katanya teman, ini khusus buat sepatu yang menutup sampai diatas mata kaki gan, kalau ane sendiri belum ngalamin dan kurang ngerti juga gimana sepatunya ngelindungin dari keseleo atau terkilir. Tapi kalau logikanya sih mungkin sepatu bisa menjadi penopang pergelangan kaki agar tidak mengalami gerakan yang terlalu frontal dan keras saat kita terpeleset misalnya.
Mungkin agan-agan ada yang lebih pengalaman, silahkan di share di kolom komentar dibawah gan. Segitu dulu sharing dari ane gan, mudah-mudahan bermanfaat. O iya, kalau agan berencana untuk membeli sepatu, belilah sesuai dengan kebutuhan. Sepatu jenis apa yang agan butuhkan. Untuk itu agan bisa membaca jenis-jenis sepatu untuk mendaki gunung disini.

Akhir kata, Mari mendaki gunung secara safety. Salam lestari.

Post a Comment for "Pentingnya sepatu dalam pendakian gunung"